Pencarian

Sabtu, 11 Agustus 2012

Cincin Newton

 
Apa itu optika fisis?
Optika Fisis membahas fenomena-fenomena cahaya.
Apakah cahaya itu?
Cahaya merupakan salah satu bentuk energi. Karena cahaya itulah kita dapat melihat benda-benda di sekeliling kita termasuk diri kita sendiri. Cahaya merupakan gelombang elektromagnetik, yang dapat merambat tanpa kehadiran medium. Secara perambatannya ia merupakan gelombang transversal.
Karena ia merupakan gelombang, cahaya dapat dipantulkan (refleksi), dibiaskan (refraksi), polarisasi, didifraksi, interfrensi, dispersi. disini yang dibahas hanya tentang cincin newton.
Cincin Newton adalah fenomena terbentuknya cincin pelangi atau goresan-goresan melingkar yang ditimbulkan proses pembiasan cahaya dari suatu lapisan tipis ke medium (kaca, lensa lengkung) yang mengakibatkan perbedaan diameter goresan-goresan sehingga terbentuklah cincin newton.

pola interferensi cincin newton

Bila cahaya dijatuhkan pada susunan lensa plankonveks yang diletakkan diatas kaca, karena diantara lensa dan kaca terdapat lapisan udara yang bertindak sebagai selaput tipis, cahaya tersebut akan mengalami interferensi. Bila cahaya yang dijatuhkan berupa cahaya monokromatik, maka di permukaan datar lensa plankonveks terlihat cincin gelap (minimum) dan terang (maksimum). Tetapi bila yang dijatuhkan sinar polikromatik akan terlihat cincin berwarna. Cincin yang terlihat ini dinamakan cincin Newton.
Untuk menentukan gelap dan terang digunakan rumus :
Terang (max) : rk2 = clip_image002R(2k + 1) l
Gelap (min) : rk2 = R(k) l
Harga k = 0,1,2,3,…n

rumus interferensi cincin newton







1 komentar: